Kamis, 09 Desember 2010

Adaptasi psikologis masa Nifas

Masa NIfas adalah masa dimana tubuh menyesuaikan diri baik fisik maupun psikologis thd proses melahirkan. Dimulai satu jam setelah melahirkan sampai tubuh menyesuaikan secara sempurna.

Proses adaptasi psikologis pada seorang ibu sudah dimulai sejak hamil.Wanita hamil akan mengalami perubahan psikologis yang nyata sehingga memerlukan adaptasi.Perubahan mood seperti sering menangis,lekas marah,dan sering sedih atau cepat berubah menjadi senang merupakan manifestasi dari emosi yang labil.Proses adaptasi berbeda beda antara satu ibu dengan yang lain.Setelah persalinan merupakan pengalaman unik yang dialami ibu,masa nifas juga merupakan salah satu fase yang memerlukan adaptasi psikologis.

Perubahan peran seorang ibu memerlukan adaptasi yang harus dijalani.Tanggung jawab bertambah dengan hadirnya bayi yang baru lahir. Dorongan serta perhatian anggota keluarga lainnya merupakan dukungan positif untuk ibu.

Periode masa nifas merupakan waktu untuk terjadi stres, terutama ibu primipara. Fungsi yang mempengaruhi untuk sukses dan lancarnya masa transisi menjadi orang tua. Respon dan support dari keluarga dan teman dekat sangat dibutuhkan .Riwayat pengalaman hamil dan melahirklan yang lalu dan harapan / keinginan dan aspirasi ibu saat hamil dan melahirkan dapat mempengaruhi psikologis ibu .
Periode ini diexpresikan oleh Reva Rubin (1977) yang terjadi 3 tahap yaitu
:

1. Taking In Period

2. Taking Hold Period

3. Leting Go Period

Tidak ada komentar:

Posting Komentar